POTENSI DESA

                        POTENSI DESA

  1. Potensi Alam

Sudah dijelaskan dimuka, Desa Jatirejo termasuk daerah perbukitan, hanya memilki hamparan tanah datar yang sempit karena berada di ketinggian  500 m diatas permukaan air laut.

–   Luas wilayah Desa Jatirejo ada                  =   302.0290  Ha, terdiri dari

–   Tanah sawah                                                  =   113.7975  Ha

–   Tanah tegal                                                    =     49.2994  Ha

–   Tanah Pekarangan                                       =   116.3530  Ha

–   Tanah makam, jalan, kali, dll                    =    22.5791  Ha

  1. Potensi Sumber Daya Manusia

Desa Jatirejo  berpenduduk  3.702  orang, yang terdiri dari  802  KK , bermata pencaharian saebagian besar Petani.

Para petani dalam melaksanakan pekerjaan pertanian sudah dibilang sedikit lebih maju, sistem Panca Usaha Tani dan Sapta Usaha Tani  sebagian sudah diterapkan, sehingga menambah penghasilan pertanian sedikit lebih menyenangkan.

Penerapan bibit disesuaikan dengan iklim yang ada, terutama melihat pangsa pasar, dengan sistem tumpang sari ( Padi, Polowijo ) sehingga produksi semakin meningkat, namun yang menjadi kendala besar adalah sistem pengairan yang kurang sehingga kekeringan selalu terjadi, untuk mengatasi kekeringan sudah dilakukan dengan berbagai sistem namun masih saja kurang air terutama dimusim kering, barangkali ada investor yang sudi menyumbangkan  sistem sumur pantek kami yakin dapat mengatasi kekurangan air yang sudah menjadi langganan setiap musim kering ini.

Disela-sela mencari nafkah sebagai petani, sebagian besar penduduk Desa Jatirejo  sebagai perantau ke kota, dan sebagai kota tujuan antara lain Jakarta, Bandung, Bogor, Cirebon, Banten dan kota-kota besar lain. Biasanya bekerja sebagai Bakul Jamu dan Tukang Bakso.

Dari paparan diatas masih ada potensi yang berada di Desa Jatirejo , seperti Potensi Kerajinan Anyaman Kepang dan Pertukangan sebagai usaha sampingan selain bertani.

  1. Potensi Sumber – Sumber Keuangan Desa.

Kondisi Desa Jatirejo  yang merupakan lahan pertanian, namun kurang memenuhi kebutuhan. Penduduk Desa Jatirejo  mayoritas bermata pencaharian petani, perantau, dan pengrajin sehingga sumber Keuangan Desa yang diperoleh dari warga masyarakat yang disebut swadaya murni masyarakat tidak begitu banyak. Sumbangan kepada Desa berupa swadaya tenaga guna menunjang pembangunan. Kemudian untuk menunjang kebutuhan Keuangan Desa secara rutin berasal dari :

–  Hasil tanah kas desa

–  Biaya  administrasi pengurusan surat-menyurat

–  Dana bantuan dari pemerintah

–  Dana lain-lain yang sah.

  1. Potensi Pemerintahan Desa

Desa Jatirejo  dipimpin oleh seorang Kepala Desa dan dibantu oleh Sekretaris Desa.   Wilayah Desa Jatirejo terbagi menjadi 8 dusun  terdiri dari 24  RT dan  8  RW.

Jumlah Perangkat Desa  Jatirejo  sampai dengan Tahun ini adalah :

  1. Kepala Desa       : 1 Orang
  2. Sekretaris Desa : 1 Orang
  3. Kepala Dusun    : 4 Orang
  4. Kepala urusan   : 4 Orang

Sedangkan Lembaga Desa yang ada adalah :

  1. BPD                                 : 11    orang
  2. LPM                                :   2    orang
  3. LPKK                              :   8    orang  pengurus  40 oang anggota
  4. KARANG TARUNA     :   8    orang  pengurus  50 oang anggota
  5. Potensi Sumber Daya Sosial dan Budaya.

Sumber daya sosial budaya adalah jaringan kerja social, norma dan kepercayaan suatu masyarakat desa yang bias menjadi modal bagi pembangunan dan pencapaian kesejahteraan serta mengatur keharmonisan hidup bermasyarakat.

Dengan demikian Desa Jatirejo  penerapan hal tersebut diatas masih berjalan dengan baik seperti gotong-royong, sopan – santun, saling menghormati yang merupakan modal dasar dalam melaksanakan pembangunan desa.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan